Kamis, 27 Desember 2007

KEHIDUPAN CREW KAPAL PESIAR

Well, mungkin anda membayangkan betapa enaknya mereka yang bekerja di kapal pesiar international. Memperoleh gaji ribuan dollar perbulan, mengunjungi tempat-tempat wisata dunia yang menakjubkan, shopping di mall-mall kelas dunia, pkoknya segala hal yang wah…wah…
Kenyataan tersebut memang ada benarnya, Namun tahukah anda, bahwa bekerja di kapal pesiar menyimpan suatu suasana kerja yang cukup membuat stress ! seperti bekerja 7 hari seminggu, 10 bahkan bisa mencapai 14 jam sehari, tidak peduli anda wanita atau laki-laki, saat harus menghadapi shift malam tetaplah anda harus lakukan. Belum lagi berbagai kegiatan yang mutlak harus di ikuti oleh seluruh crew kapal di tengah-tengah jadwal kerja yang begitu padat, seperti mislnya mengiktui latihan emergency (emergency drill), berbagai training yang wajib di ikuti untuk meningkatkan kemampuan para crew.


Bila sedang ada ombak laut yang besar anda bisa saja mabuk dan nembak (muntah) berkali-kali, kepala puyeng, keringat dingin keluar, dan kabar buruknya dalam keadaan demiakian anda harus tetap bekerja. Tanyakan saja pada mereka yang bekerja di kapal pesiar dan suka mabuk laut.

Teman sekamar (se-cabin) bila tidak cocok bakalan membuat anda gedeg, dan kesal. Namu kabar baiknya anda bisa lapor ke department head minta ganti atau pindah cabin dan tentunya bila cabinnya tersedia.

Di atas kapal pesiar anda juga bisa bersosialisasi dengan crew lain dari berbagai kebangsaan, ada yang menjalin persahabatan, teman curhat, bahkan ada juga yang berpacaran dan hidup bersama (wah, wah, wah itu sich sisi jeleknya), semuanya tergantung dari gaya hidup dan budaya mereka masing-masing. Maklumlah hidup di antara bangsa-bangsa dengan berbagai latar belakang budaya yang berbeda pula.

Namun sisi baiknya anda bakalan banyak tahu dan memahami sekaligus merasakan arti perbedaan. Berada di tengah-tengah masyarakat multi kebangsaan memang cukup menarik dan menantang. Disamping itu anda juga akan banyak mengenal dan menambah ilmu dan wawasan berfikir. Anda bisa banyak bertukar pikiran dan berbagi ilmu dengan siapappun yang anda rasa cockok untuk bergaul.

Dan satu hal lagi yang akan menguntungkan adalah kemampuan bahasa Inggris anda akan semakin meningkat karena anda terbiasa menggunakan bahasa yang satu ini saat berkomunikasi dengan crew lain. Anda akan mengenal tipe-tipe bahasa Inggris dengan logat dan dialek yang berbeda. Ada yang berbahasa Inggris dengan logat caribean, Spanish, Rusia, Chinese,….. wah pokoknya serulah….!